Assalamualaikum wr.wb...
Teman " disini saya mau cerita pengalaman saya nih tentang dunia tipu". Jadi guys kemarin sore saya mendapat telvon dari nomor khusus yang mengatasnamakan shopee bahwa saya ceritanya dapat hadiah nih 2 jt langsung di saldo. Nah kan awalnya seneng karena memang pada tanggal itu dari shopee notifikasinya memang ada undian hadiah Ramadhan sale di hari yang sama. Terus saya dengerin aja tuh sebut saja bapak mawar yg lagi ngomong.
Dia berusaha meyakinkan dengan minta kita untuk melihat di wa kita bahwa ada pesan dari shopee tu bu yang masuk mengirimkan kode otp kata dia. Nah benar saja memang ada pesan dari shopee nya langsung keluar kode otp. (Mulai yakin nih karena antara shopee asli dengan bapak itu berdampingan pesannya di wa) Kemudian dia mengirim link yg mana di link itu diminta mengetik kode otp kita. Woww luar biasa terniat kan udah pakai sistem dianya bung.
![]() |
Dia mengarahkan utk klik mulai kemudian submit link yg diberikan. Karena saya kepo ya. Kok bener apa yg dia omongin dengan apa yg ada di akun shopee saya. Saya fikir memang dia bener " team shopeenya. Karena dia memang tau pesanan apa dan berapa jumlah barang yg saya pesan di shopeenya. ( nah ternyata ini sudah bajak akun shopee saya bung ) .
Ya saya lihat kembali di akun shope saya ternyata memang ada tu tulisan bahwa dari shopee saya mendapatkan hadiah saldo 2 jt itu. Namun harus top up dulu 30 % karena nanti 1 jt di isikan di saldo dan 1 jt direkening ( hmmm kan jadi tambah meyakinkan ya ). Nah akhirnya dia minta saya top up/ isi saldo di akun saya sendiri . Kata bapak mawar gini " kan toup up nya di akun shopee ibu sendiri. Jadi uangnya kan untuk ibu. (Dududu berfikiran benar juga ya ). Nah karena disini isi saldonya kurang jadi saya bilang disini gak ada atm terus dia bilang disini ada teller kan bu. Nah bisa diisi dulu sam nomor reg ibu karena yg 1 jt nya lagi dikirim ke reg ibu. Yg 1 jutanya ke saldo .
Hmm dengan kebodohan yg hakiki wkwk . Berdebat sama emak kata emak gak usah dipercaya. Eh tetap aja mau nyoba ngirim kan (O2n banget ya .. haha )
Nah tetaplah akhirnya saya bilang tunggu 15 menit pak mau ke BRI link dlu . dan dia bilang iya. Terus guys yang aneh itu ketika saya bilang dimatikan saja dlu pak telvonya. Terus kata dia gak papa bu soalnya ini percakapannya di rekam ( nah ini nih guys ini trik dia baru nyadar kalau ternyata dia berusaha meyakinkan sama korban dan bapak mawar itu lagi mantau kita sebenarnya biar fokus buat ngomong ke dia aja hmm modus).
Sesampainya di BRI link nih. Telvonnya masih nyala tuh. Tapi saya baru turun dari motor dan saya lihat kk " yg saya kenal. Ya saya salamanin lah sudah lama gak ketemu. Eh tiba "bapak mawar diam dan saya ngomonglah ke kk " kalau mau tf soalnya dapat hadiah nih orangnya masih nelvon. Nah terus sinyal ilang telvonnya mati.
Nah saat ini saya lihat saldo saya di shopee. Kata dia kan mau dikirim kan. Dan ternyata tara... saldo saya yang sisa sedikit akhirnya hilang dan saya lihat di status pembayaran ternyata digunakan bapak mawar utk membayar pulsa duh dasar dasar... gemes deh
Terus ngomonglah sama kk " nya. Terus dibilang penipuan ndak tu. (Ngobrol panjang)Nah terus saya sadar iya juga ya. Nah baru saya bisa berfikir jernih ahah.. dari tadi ngapain berdebat sama emak ngapain jauh " ke BRI link. Kan kalau hadiah langsung lah dikirim di top up nya. Gak harus saya tf lagi ( suwon ngeh mbak wati dan mbak nurika) Dia masih aja tu nelvon saya biarin. Saya aja bingung ngapain ke BRI link.
Nah karena dia nelvon terus saya angkat . Pak maaf gak bisa disini pakai BRI link sinyalnya susah pak. Kata dia ya sudah pakai BNI saja buk. Saya bilang pak saya di hutan gak ada jaringan gak bisa dikirim. Kalau memang hadiah itu buat saya. Ya tolong kirim saja di saldo nanti yg 30 % bapak potong saja. Dia bilang gak bisa.
Hmmmmm kan sudah sadar nih ceritanya kalau ini penipuan. Jadi Alhamdullilah gak jadi saya kirim deh. Duh ada " saja kejadian ini jadi
teman " ternyata penipuan itu banyak jenisnya. Mungkin kalau hanya ditelvon biasa kita bisa tau kalau itu penipuan. Tapi kalau sudah melibatkan bajak akun dan disini saya sedang menggunakan akun tsb. Itu agak membingungkan. Karena memang data yg disebutkan sesuai dengan data kita. Selain itu dia juga sudah profesional membuat link ( yang http bla bla... warna biru buat di klik ) dimana sistemnya sudah tersusun dengan baik. ( duh ngerepotin emang)
Nah lanjut karena saya kesal ya kan sama bapak mawar ini . Jadi saya balaslah pesan cinta ke Dia di wa di read tu( ini nih yg beda , jadi kalau penipuan itu dia mau balas wa kita walaupun itu gak penting keperluannya. Misal kita chat P nah tetap dia balas berarti ini Hoax) . (Semoga pesannya masuk ya pak di hatinya)
Terimakasih banyak, semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb...



